PERUBAHAN PARAMETER MARSHALL AKIBAT PERBEDAAN JUMLAH TUMBUKAN PADA ASPHALT CONCRETE-BINDER COARSE (AC-BC) GRADASI KASAR
Main Authors: | Sriharyani, Leni, Tholib, Ahmad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Metro
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/tapak/article/view/800 https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/tapak/article/view/800/571 |
Daftar Isi:
- Prasarana transportasi berupa jalan merupakan salah satu unsur pengembangan wilayahyang mengalami pengembangan yang sangat pesat. Guna menghasilkan kondisi jalanseperti yang diharapkan, maka diperlukan bahan – bahan pembentuk jalan yangmempunyai mutu yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaianpelaksanaan pekerjaan lapis pengikat perkerasan jalan di Jalan Hajimena- BandarLampung terhadap JMF (Job Mix Formula) dan standar yang digunakan yaitu SNI,dengan melakukan pengujian Ekstraksi dan Marshall pada campuran aspal beton ACBC yang merupakan lapisan pengikat perkerasan. Penelitian ini menggunakan sampelhasil Core Drill, Variasi Jumlah Tumbukan AC-BC aspal. Hasil penelitian uji MarshallStabiliti pada hasil Core Drill 1439,96kg, Marshall Stabiliti pada hasil beton aspalpadat 1412,88 kg, Marshall Quotient pada hasil Core Drill sebesar 362,72 kg/mm,padahasil beton aspal padat sebesar 368,68 kg/mm, kadar Aspal Beton Padat AC-BC , 5,6%.Dari hasil tersebut menunjukan bahwa hasil pengujian pada core drill AC-BC yangmerupakan lapis pengikat perkerasan jalan pada Jalan Hajimena- Bandar lampungmemenuhi standar JMF.Kata Kunci : JMF, Marshall, Variasi Tumbukan Asphal AC-BC