Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Pengelolaan Pembelajaran Dan Aktivitas Siswa Kelas V MIS Guppi NO.13 Tasik Malaya Curup Utara

Main Author: Syaripah, Syaripah
Other Authors: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup , 2017
Online Access: http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/221
http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/221/114
http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD/article/downloadSuppFile/221/21
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfokus pada rendahnya hasil pembelajaran matematika dalam aspek aktivitas siswa dalam belajar matematika yang rendah serta pembelajaran yang diterapkan selama ini belum tepat. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya yang memperbaiki proses pembelajaran. Salah satu upaya menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini termasuk Penilaian Tindakan Kelas yang dilakukan pada MIS Guppi No. 13 Tasik Malaya dengan subjek penelitian adalah kelas V yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I belum menunjukkan hasil yang optimal oleh karena itu dilakukan siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan yaitu kadar aktivitas aktif siswa pada siklus I terdapat 3 (tiga) meningkat menjadi 4 (empat) dari 7 kategori aktivitas aktif siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada tindakan siklus I “cukup baik” (nilai 3,57) menjadi “baik” (nilai 4,10) pada siklus II. Simpulan penelitian adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas aktif siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas Siswa dan Kemampuan Mengelola Pembelajan