Media Sosial Terintegrasi dalam Komunikasi Pemasaran Brand: Studi Komparasi Pemanfaatan Media Sosial Oleh High dan Low Involvement Decision Brand

Main Author: Vega Karina Andira Putri
Format: Article application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Departemen Ilmu Komunikasi , 2018
Subjects:
Online Access: http://journal.ui.ac.id/index.php/jkmi/article/view/8889
ctrlnum article-8889
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Media Sosial Terintegrasi dalam Komunikasi Pemasaran Brand: Studi Komparasi Pemanfaatan Media Sosial Oleh High dan Low Involvement Decision Brand</title><creator>Vega Karina Andira Putri</creator><subject lang="en-US"/><subject lang="en-US">Brand; high and low involvement decision; marketing communication; social media tools; integrated social media</subject><description lang="en-US">Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan social media serta bentuk integrasi social media yang tepat bagi brand dengan proses pengambilan keputusan konsumen melalui high maupun low involvement dalam komunikasi pemasaran brand. Dari hasil studi komparasi ditemukan perbedaan dalam pemanfaatan social media dan bentuk integrasi media sosial antara high dengan low involvement decision brand. Perbedaan dapat dilihat dari proporsi penggunaan media digital, akun media sosial yang dikelola brand, konten tiap akun media sosial, kerjasama dengan buzzer, dan hubungan antar social media tools. Selain itu, ditemukan juga bahwa brand yang sukses melakukan komunikasi pemasaran melalui social media adalah brand yang mengelola komunitas online dengan baik.This research aims to understand social media utilization and the forms of appropriate social media integration for brands by means of consumer decision making process through high and low involvement in the brand marketing communication. Comparative studies find differences in the use of social media and the forms of social media integration between high and low involvement decision brand. The distinctions can be observed from the proportion of digital media use, social media accounts administered by brand owners, contents of each social media account, partnership with buzzers, and social media tools inter-relationship. Besides, it is discovered that a successful brand, which carries out marketing communication through social media, is the one whose online community is well-managed.</description><publisher lang="en-US">Departemen Ilmu Komunikasi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-01-03</date><type>Journal:Article</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://journal.ui.ac.id/index.php/jkmi/article/view/8889</identifier><source lang="en-US">Jurnal Komunikasi Indonesia; Vol 4, No 2 (2015): Oktober; 108-115</source><language>ind</language><rights>1.&amp;nbsp; &amp;nbsp;Hak publikasi atas semua materi naskah &amp;nbsp;Jurnal Komunikasi Indonesia (JKI) yang diterbitkan/dipublikasikan dipegang oleh dewan redaksi atas dasar kesepakatan bersama dengan penulis.&amp;nbsp;2.&amp;nbsp; Untuk kepentingan akademik dan penyebaran ilmu pengetahuan. Penulis yang mengirimkan naskahnya ke jurnal JKI telah sepakat bahwa naskah yang diterbitkan dapat diakses secara gratis full text. Penulis juga memberikan hak kepada redaksi JKI untuk menyebarluaskan tulisan dalam jurnal di medium lain di luar OJS JKI (seperti memposting di website atau posting ke sebuah repositori institusi) dengan tujuan meningkatkan sitasi atau pengutipan dan pertukaran pengetahuan.&amp;nbsp;</rights><recordID>article-8889</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Vega Karina Andira Putri
title Media Sosial Terintegrasi dalam Komunikasi Pemasaran Brand: Studi Komparasi Pemanfaatan Media Sosial Oleh High dan Low Involvement Decision Brand
publisher Departemen Ilmu Komunikasi
publishDate 2018
topic Brand
high and low involvement decision
marketing communication
social media tools
integrated social media
url http://journal.ui.ac.id/index.php/jkmi/article/view/8889
contents Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan social media serta bentuk integrasi social media yang tepat bagi brand dengan proses pengambilan keputusan konsumen melalui high maupun low involvement dalam komunikasi pemasaran brand. Dari hasil studi komparasi ditemukan perbedaan dalam pemanfaatan social media dan bentuk integrasi media sosial antara high dengan low involvement decision brand. Perbedaan dapat dilihat dari proporsi penggunaan media digital, akun media sosial yang dikelola brand, konten tiap akun media sosial, kerjasama dengan buzzer, dan hubungan antar social media tools. Selain itu, ditemukan juga bahwa brand yang sukses melakukan komunikasi pemasaran melalui social media adalah brand yang mengelola komunitas online dengan baik.This research aims to understand social media utilization and the forms of appropriate social media integration for brands by means of consumer decision making process through high and low involvement in the brand marketing communication. Comparative studies find differences in the use of social media and the forms of social media integration between high and low involvement decision brand. The distinctions can be observed from the proportion of digital media use, social media accounts administered by brand owners, contents of each social media account, partnership with buzzers, and social media tools inter-relationship. Besides, it is discovered that a successful brand, which carries out marketing communication through social media, is the one whose online community is well-managed.
id IOS4999.article-8889
institution Universitas Indonesia
institution_id 51
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Indonesia
library_id 492
collection Jurnal Komunikasi Indonesia
repository_id 4999
subject_area komunikasi interpersonal
komunikasi massa
strategi komunikasi
kajian media
city KOTA DEPOK
province JAWA BARAT
repoId IOS4999
first_indexed 2018-01-10T03:59:21Z
last_indexed 2018-01-10T03:59:21Z
recordtype dc
_version_ 1686298383929573376
score 17.538404