Konsep Pendidikan Pluralisme Dalam perspektif Nurcholish Madjid

Main Author: Musayyidi, Musayyidi
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: STIT AL-KARIMIYYAH , 2019
Online Access: https://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/116
https://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/116/110
Daftar Isi:
  • Allah SWT. menciptakan manusia dengan bermacam-macam perbedaan agar saling berinteraksi mengenal antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan bangsa dan suku tentu akan melahirkan bermacam budaya yang ada di masyarakat. Keragaman dan perbedaan dalam kehidupan manusia merupakan sunnatullah. Al-Qur’an sebagai representasi pesan-pesan Allah untuk menjadi panduan umat manusia, sesungguhnya telah memberikan beberapa isyarat penting, baik secara eksplisit maupun implisit tentang eksistensi keragaman dan perbedaan tersebut. Pelaksanaan pendidikan Islam berbasis dan berwawasan pluralisme tersebut semakin dirasakan urgen dan mendesak jika dikorelasikan dengan kenyataan bahwa kemajemukan agama dan kemajemukan lainnya, seperti kemajemukan etnis, antar golongan dan kemajemukan lainnya belakangan ini telah menjadi suatu hal yang memancing eskalasi konflik yang sedemikian mengental pekat