TINGKAT KEPUASAN PASIEN UMUM YANG BEROBAT DI PUSKESMAS MELONG ASIH

Main Authors: Pazriyanto/4111081136, H. Sutedja,dr.,SKM, Andri Andrian Rusman,dr.,M.Kes
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: FK-UNJANI Press , 2012
Online Access: http://103.10.61.12/elibrary/index.php?p=show_detail&id=68739
http://103.10.61.12/elibrary/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/sampul.jpeg.jpeg
Daftar Isi:
  • Puskesmas sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD), yaitu unit organisasi yang diberikan kewenangan kemandirian oleh dinas kesehatan kabupaten/kota, untuk melaksanakan tugas-tugas teknis operasional pembangunan kesehatan, di wilayah kecamatan. Puskesmas menjalankan beberapa usaha pokok, diantaranya adalah balai pengobatan yang merupakan unit pelayanan yang paling dominan dan dituntut untuk bisa memuaskan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien umum yang berobat di Puskesmas Melong Asih Metode penelitian yang digunakan adalah survei yang bersifat deskriptif, dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden di pilih ketika datang ke puskesmas, data diperoleh dari hasil wawancara dengan menggunakan kuesioner sebagai alat bantu pada 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, serta emphaty. Hasil penelitian dengan menggunakan diagram kartesius dengan membagi daerah menjadi empat bagian (A, B, C, D) yang dibatasi menjadi dua garis yang berpotongan dimana sumbu X merupakan rata-rata tingkat pelayanan (kinerja) Puskesmas Melong Asih, dan sumbu Y merupakan rata-rata dari tingkat kepentingan (harapan) dari pasien. Menunjukan hasil A(80%), B(84%), C(87%), D(88%). Kesimpulan didapatkan hasil tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Melong Asih menunjukan hasil pasien sangat puas, Saran dari peneliti Sesegera mungkin meningkatkan dan memperbaiki pelayanan yang masih dirasa kurang.Kata kunci : Puskesmas, Mutu Pelayanan, Tingkat Kepuasan