EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN GAMES AND COMPETITION PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 14 LEBONG SELATAN
Main Authors: | Putra, Ramonsah, Yarmani, Yarmani, Arwin, Arwin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Bengkulu
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kinestetik/article/view/8818 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kinestetik/article/view/8818/4265 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses belajar mengajar Permainan Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Games and competition Pada Siswa Kelas V SD Negeri 14 Lebong Selatan. Penelitian ini dilakukan pada jam belajar Penjasorkes kelas V SD Negeri 14 Lebong Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini secara obyektif atau apa adanya dengan subyek siswa kelas V SD Negeri 14 Lebong Selatan berjumlah 15 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada saat proses belajar-mengajar berlangsung. Adapun hasil pengamatan terhadap siswa dalam proses belajar mengajar Permainan Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Games and competition pada siklus I adalah sebesar 55% dari keseluruhan pengamatan terhadap proses belajar mengajar. Pada siklus II meningkat menjadi 85%. Sedangkan hasil pengamatan terhadap guru pada siklus I sebesar 65% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan yang sangat berarti dalam penerapan metode pembelajaran games and competition pada siswa kelas V SD Negeri 14 Lebong Selatan.