Analisis Perbandingan Beban Emisi Kendaraan Pada Kondisi Normal dan New Normal Akibat Pandemi Covid 19

Main Authors: Sampurna, Muhammad Fatwa Putra, Sulistyorini, Rahayu, Ofrial, Siti Anugrah Mulya Putri, Herianto, Dwi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain , 2022
Online Access: http://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jrsdd/article/view/2373
http://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jrsdd/article/view/2373/pdf
http://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jrsdd/article/downloadSuppFile/2373/1317
Daftar Isi:
  • Jalan R.A. Kartini menghubungkan kawasan primer dengan kawasan sekunder guna mendukung berbagai aktivitas dan kebutuhan masyarakat kota Bandar Lampung. Dengan adanya pandemi Covid-19, terjadi penurunan aktifitas pergerakan transportasi yang disebabkan oleh berkurangnya aktifitas diluar rumah. Penelitian ini bertujuan menganalisis emisi kendaraan di jalan R.A. Kartini selama masa new normal dan membandingkannya dengan masa normal. Data yang digunakan pada analisis berasal dari data volume lalu lintas dan data penjualan mobil. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu volume kendaraan mempengaruhi tingkat emisi yang dikeluarkan dari masingmasing kendaraan. Hasil prediksi kosentrasi emisi kendaraan yang terjadi yaitu karbon monoksida (CO) sebesar 125,32 ton/tahun, karbon dioksida (CO2) sebesar 17430,58 ton/tahun, hidrokarbon (HC) sebesar 27,47 ton/tahun, nitrogen oksida (NOX) sebesar 5,91 ton/tahun, partikulat (PM10) sebesar 0,9495 ton/tahun dan sulfur dioksida (SO2) sebesar 0,6348 ton. Beban emisi pencemar kendaraan tertinggi disebabkan oleh CO2 dan CO.Kata kunci: jalan R.A. Kartini, pandemi Covid-19, masa new normal, volume lalu lintas, emisi kendaraan