Perbaikan tanah dasar jalan dengan substitusi material pasir terhadap kemampuan daya dukung tanah dengan uji tekan pemadatan modifikasi (modified proctor)
Main Authors: | Fahlefi, Julian, Iswan, Iswan, Karami, Muhammad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain
, 2021
|
Online Access: |
http://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jrsdd/article/view/1526 http://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jrsdd/article/view/1526/pdf http://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jrsdd/article/downloadSuppFile/1526/714 |
Daftar Isi:
- Tanah lempung dengan plastisitas tinggi, kohesifitas yang besar berakibat fluktuasi kembang susut yang relatif besar. Hal ini yang menyebabkan kondisi jalan yang dibangun diatas tanah lempung mengalami kerusakan. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan perbaikan tanah dengan cara memperbaiki gradasinya yaitu mencampur tanah asli dengan pasir. Sampel tanah yang digunakan pada penelitian ini berasal dari Ruas Jalan R.A.Basyid, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan pada STA 3+100 dengan variasi pasir 0%, 5%, 10% dan 15 % dari berat tanah. Pengujian pada penelitian ini adalah pengujian CBR dari efek pegembangan tanah, lalu dilakukan perhitungan tebal perkerasan dengan metode analisa komponen SKBI 2.3.26.1987 dan metode manual desain perkerasan jalan 2017. Pada penelitian inisampel tanah yang digunakan termasuk kelompok A-7-6(tanah yang buruk). Setelah penambahan variasi pasir, batas plastis tanah tersebut meningkat sedangkan batas cair dan indeks plastisitas menurun, hal ini mengakibatkan pengembangan tanah terjadi penurunan pada 15% pasir yaitu dari 0,62% menjadi 0,17%, sedangkan nilai CBR mengalami peningkatan yang signifikan pada pasir 15% yaitu dari 2,6% menjadi 26,0%. Dengan hal ini pada perhitungan dengan metode analisis komponen SKBI 2.3.26.1987 tebal lapis menjadi lebih tipis, pada 0% pasir yaitu tebal D1=7,5 cm, D2=25 cm dan D3=44 cm, sedangkan pada 15% pasir tebal D1=5 cm, D2=17 cm dan D3 tidak digunakan. Perhitungan dengan menggunakan metode manual desain perkerasan jalan 2017 pada variasi pasir 5%, 10%, dan 15% tidak perlu perbaikan jalan karena nilai CBR ≥6.