PEMANFAATAN APLIKASIMICROSOFT MATHEMATICS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 MEDAN
Main Authors: | Fitra, Awaludin, Utami, Yulia, Sitorus, Martua |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pelita Nusantara Medan
, 2019
|
Online Access: |
http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/564 http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/564/338 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pemanfaatan Pembelajaran berbantuan Microsoft Mathematics dan Pembelajaran Konvensional pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah peserta didik adalah 50 orangJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dimana dari kedua kelompok yang akan dipilih selaku sampel yaitu kelas VIIIA menjadi kelas eksperimen dan kelas VIIIB menjadi kelas kontrol.Dari hasil perhitungan skor rata-rata untuk kedua kelas diperoleh sebagai berikut: pada kelas eksperimen, pada hasil tes awal diperoleh1X= 49,6, SD1 = 12,41 pada tes akhir diperoleh 1 X = 79,8,Selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan ttabel dengan dk = 48 diperoleh ttabel = 1,6772 ternyata thitung> ttabel hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel dapat diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran bantuan Microsoft Mathematics dan pembelajaran Konvensional pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan.Kata Kunci: Microsoft Mathematics, Hasil Belajar, SPLDV