PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM BELAJAR MATEMATIKA KALKULUS 1 SEBAGAI EKSTRA KURIKULER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Kasus Mahasiswa STMIK Pelita Nusantara)

Main Author: Vinsensia, Desi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Pelita Nusantara Medan , 2017
Online Access: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/468
http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/468/274
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh diskusi belajar matematika dalam hal ini mata kuliah Kalkulus 1 pada Mahasiswa Semester 1 STMIK Pelita Nusantara Medan.Sampel penelitian ini diambil dari kelas semester 1 yang dibagi menjadi dua kelompok dengan jumlah siswa masing-masing 18 orang.Salah satu kelompok dijadikan sebagai kelompok eksperimen yaitu kelas yang melaksanakan diskusi belajar kelompok dan satu kelas lagi dijadikan kelompok kontrol tanpa diskusi kelompok. Adanya pengaruh diskusi belajar matematika dalam meningkatkan prestasi belajar dalam hal kalkulus 1 .Mahasiswa mengerjakan instrumen penelitian berupa tes uraian non objektif sebelum dan sesudah diberikan perlakukan berupa diskusi belajar matematika untuk kelas eksperimen.Jenis penelitian ini eksperimen semu, maka sebagai langkah awal dilakukan pre test pada kedua kelompok kemudian perlakuan berupa diskusi belajar matematika pada kelas eksperimen dan tanpa diskusi pada kelas kontrol, dan selanjutnya diberikan post test. Mean dan Standart deviasi kelompok eksperimen adalah 8,2 dan 0,11 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 6,439 dan 0,092.Berdasarkan analisis data uji hipotesis penelitian diperoleh harga thitung = 1,438 untuk a = 0,05 dan dk = 16 adalah 1,746. Dalam hal ini t hitung ada diantara - t(1-1/2a)<t < t (1-1/2a) maka Ho diterima yang berarti diskusi belajar matematika berpengaruh signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa semester 1 STMIK Pelita NusantaraMedan. Kata Kunci : Diskusi Kelompok, Statistika Parametrik.