PENGARUH GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 MEDAN

Main Authors: Fitra, Awaluddin, Syahputra, Muhammad Romi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Pelita Nusantara Medan , 2019
Online Access: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/447
http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/447/259
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran berbantuan GeoGebra dan Pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dimana dari dua kelas yang dipilih sebagai sampel yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kontrol. Dari hasil analisis statistik dengan uji t yang telah dilakukan terhadap kedua kelas maka diperoleh hasil dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 3,855. Selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan ttabel dengan dk = 58 diperoleh ttabel = 1,672 ternyata thitung > ttabel hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran berbantuan GeoGebra dan pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Dari hasil perhitungan skor rata-rata untuk kedua kelas diperoleh sebagai berikut: pada kelas eksperimen, pada tes akhir diperoleh = 80,50, SD1 = 13,39. Pada kelas kontrol pada tes akhir diperoleh = 68,00, SD2 = 12,70. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan GeoGebra lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional.