PENERAPAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 MEDAN
Main Author: | Fitra, Awaludin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pelita Nusantara Medan
, 2020
|
Online Access: |
http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/124 http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/124/43 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian yang dilakukan di SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Metode Investigasi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan sebanyak satu kelas yaitu 32 siswa. Obejek penelitian ini adalah Metode Investigasi Kelompok Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Pada materi sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan melalui Metode Investigasi Kelompok. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, yaitu tes pra penelitian, tes T1 pada siklus I, tes T2 pada siklus II dan lemba pengamatan (observasi). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan belajar. Pada siklus I, peneliti memberikan tes T1 pada akhir siklus I. Siklus I belum berhasil, peneliti melanjutkan penelitian ke siklus II. Pada siklus II, peneliti memberikan pembelajaran secara berkelompok, dan pada akhir siklus II peneliti memberikan tes T2. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar matematika siswa dari tes penelitian, tes T1, dan tes T2. secara berturut-turut peningkatan tersebut, yaitu 12 siswa (37,5%), 21 siswa (65,6%), dan 30 siswa (93,75%). Ini bereti hasil yang diperoleh pada tes T2 pada siklus II telah mencapai tingkat ketuntasan belajar (daya serap) secara klasikal. Hal ini tampak dari rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa dimana hasil postes siklus II > postes siklus I > pretes, yaitu 14,75 > 12,81 > 8,06. Kata Kunci: Metode Investigasi, Persamaan Linear