PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI BERBASIS PETA PIKIRAN DAN BERBASIS PETA KONSEP PADA POKOKBAHASAN PANGKAT DAN BENTUK AKAR DI KELAS X SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Fitra, Awaludin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pelita Nusantara Medan
, 2014
|
Online Access: |
http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/118 http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/118/34 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian yang dilakukan di SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori berbasis peta pikiran lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori berbasis peta konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan yaitu sebanyak lima kelas dengan rata-rata jumlah siswa 35 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu Kelas Eksperimen I dan Kelas Eksperimen II masing-masing sebanyak 35 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal pretes dan postes masing-masing sebanyak 15 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel.Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ekspositori berbasis peta pikiran lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori berbasis peta konsep dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,626 > 1,669 pada taraf . Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata pretes sebesar 36,76 dan rata-rata postes sebesar 81,33. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II diperoleh rata-rata pretes sebesar 36,95 dan rata-rata postes sebesar 74,10. Kata Kunci :Ekspositori, peta pikiran, peta konsep, hasil belajar