PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Author: | Fitra, Awaludin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pelita Nusantara Medan
, 2014
|
Online Access: |
http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/116 http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/116/27 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara objektif tentang pengaruh antara kemampuan komunikasi interpesoal terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 orang siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi guru matematika dan studi dokumentasi dari DKN (Daftar Kumpula Nilai) dari guru matematika di lokasi penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi interpersoanal terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dari koefisien korelasi r sebesar 0,8315 dan hubungan kedua variabel digambarkan dengan persamaan regresi = 0,47 + 0,17 X. Besar pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar matematika dilihat dengan koefisien determinasi r2 sebesar 0,6914 atau 69,14% yang berarti 69,14% variasi yang terjadi pada prestasi belajar matematika siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat dijelaskan oleh komunikasi interpersonal melalui persamaan regresi = 0,47 + 0,17 X. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar Matematika Siswa