MEDIA BARU (NEW MEDIA) SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMASARAN YANG EFEKTIF
Main Author: | nurkholisoh, nurkholisoh |
---|---|
Format: | Article info Kualitatif eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/98 |
Daftar Isi:
- Media massa merupakan sarana penyampaian informasi dalam komunikasi massa baik melalui media cetak maupun elektronik. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, sarana penyampaian pesan dalam komunikasi massa tidak hanya terbatas pada kedua media yang sudah ada, namun kini muncul media baru (new media) dengan berbagai karakteristik yang dimilikinya serta keunggulan dan kelemahan yang menyertainya. Saat ini, media baru menjadi salah satu sarana komunikasi massa yang penting dan diperlukan dalam berbagai bentuk komunikasi, seperti pemasaran atau penjualan. Jika sebelumnya para pemasar melakukan strategi pemasaran melalui media konvensional yang bersifat satu arah dan terbatas, maka kini para pemasar mengkomunikasikannya secara interaktif melalui media onlineatau internet. Internet sebagai media baru (new media) dinilai sebagai media komunikasi yang lebih baik dibandingkan media yang ada sebelumnya, karena memiliki fleksibilitas dan keunggulan dalam memberikan pengertian dan menarik minat konsumen. Selain itu, internet juga merupakan sebuah elemen penting yang potensial dalam program Integrated Marketing Communication(IMC), seperti iklan, promosi penjualan, dan publisitas perilisan, acara-acara, yang disampaikan kepada pelanggan atau calon pelanggan.