Ideational Meaning in Students’ Self-Introduction: What Are Realized?

Main Author: Anggraeni, Candradewi Wahyu
Format: Article info Journal
Bahasa: eng
Terbitan: English Education Study Program, Faculty of Education and Teachers Training, Tidar Univer , 2017
Online Access: https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/metathesis/article/view/233
https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/metathesis/article/view/233/186
Daftar Isi:
  • Ideational meaning merupakan salah satu aspek dalam systemic functional linguistic yang lebih banyak dianalisa dalam teks tertulis. Ideational meaning terdiri dari tiga aspek utama yaitu participants, processes, dan circumstances. Adanya fenomena masih sedikitnya penelitian analisa ideational meaning dalam teks lisan, maka perlu adanya penelitian tentang realisasi ideational meaning pada teks lisan. Penelitian ini merupakan kualitatif-analisis wacana dengan menggunakan analisa transitivitas (transitivity analysis) yang bertujuan untuk menjelaskan aspek-aspek ideational meaning yang terdapat dalam video perkenalan diri mahasiswa di kelas Speaking 1. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek participants, processes, dan circumstances yang dominan terealisasi dalam video self-introduction adalah senser (participant), relational (process), and place and cause circumstances (circumstances). Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa kelas Speaking 1 lebih dominan menggunakan senser, relational process, and place and cause circumstances ketika mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.Kata Kunci: systemic functional linguistic, transitivity analysis, self-introduction, speaking