Pengelolaan Jimpitan Warga Melalui “Aplikasi Bank Jimpitan” Untuk Mendukung Program Pemberdayaan Masyarakat Di Kota Kediri
Main Authors: | Izzah, Abidatul , Bakhtiar, Yohan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Nusantara PGRI Kediri
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/14894 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/14894/2107 |
Daftar Isi:
- Jimpitan is one of flagship programs in RT 06, RW 02, Ngronggo, Kediri. This program is an activity to collect daily savings money which is stored in a container and hung in front of the yard along with a board that will be taken and collected by Siskamling officers every night. Unfortunately, sometimes there are differences between the officer records with the board, so residents need to report and go to the RT staff to justify. Therefore, this paper describes how to improve the ease of managing jimpitan by building an interactive tool that can be used easily and quickly. The tool built is in the form of online applications that can be accessed anytime and anywhere and it is designed like "m-banking". To do that, we carried out 4 major stages, namely preparation, system development, training and mentoring, and evaluation. The results show that the apps can simplify the savings and mutations monitoring by using mobile-based application and the web-based application.
- Program jimpitan menjadi salah satu program unggulan RT 06, RW 02, Kel. Ngronggo, Kec. Kota, Kota Kediri. Program ini merupakan kegiatan mengumpulkan uang tabungan harian yang disimpan dalam suatu wadah dan digantung didepan halaman bersama papan jimpitan yang kemudian akan diambil dan dikumpulkan oleh petugas Ronda Siskamling yang berpatroli setiap malam. Selama program ini berjalan, beberapa kali terjadi perbedaan antara catatan petugas siskamling dengan catatan yang tertulis di daftar jimpitan, sehingga warga perlu melapor dan mendatangi petugas RT untuk melakukan pembenaran. Upaya yang diusulkan untuk meningkatkan kemudahan pengelolaan jimpitan warga adalah dengan membangun sebuah media interaktif yang dapat digunakan oleh warga untuk melihat informasi uang jimpitan secara mudah dan cepat. Media yang dibangun berupa aplikasi yang bersifat online agar dapat diakses kapanpun dan dimanapun dan dirancang seperti “m-banking”. Upaya untuk meningkatkan mutu layanan akan dilaksanakan dalam 4 tahapan besar yaitu persiapan, pembuatan sistem, pelatihan sekaligus pendampingan, dan evaluasi kegiatan. Hasil yang diperoleh adalah dengan penerapan aplikasi ini, warga dipermudah dalam melihat saldo tabungan dan mutasi melalui aplikasi berbasis android, serta petugas RT dapat dengan mudah melihat rekapitulasi tabungan melalui aplikasi berbasis web.