Peningkatan Nilai Produk Melalui Pendampingan Packaging dan Pemasaran Yang Menarik Pada Industri Rumahan Susu Kedelai Di Desa Sekarputih Kabupaten Pasuruan

Main Authors: Hastari, Sri, Subagio, Dyajeng Puteri Woro, Pudyaningsih, A. Ratna
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2021
Subjects:
Online Access: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/14622
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/14622/2118
Daftar Isi:
  • Susu kedelai sekarputih is part of tahu factory in Desa Sekarputih, Kabupaten Pasuruan. Judging from the quality, susu kedelai Sekarputih has an advantage based on delicious and fresh taste compared to another susu kedelai in general. On the other hand, the production process, packaging, and marketing still running traditionally. Susu kedelai was only packaged in an ordinary plastic pouch, less variant, no brand, labels, also information related to product. The product was marketed in limited scope by world of mouth marketing. Unmer Pasuruan’s abdimas team have implemented programs to improve management aspects of marketing, production, finance, and human resources to create attractive susu kedelai product with a higher value that can increase profit and income.
  • Susu kedelai sekarputih merupakan bagian sebuah industry tahu di Desa Sekarputih Kab. Pasuruan. Dilihat dari kualitas produknya, susu kedelai buatan industry tahu Sekarputih tergolong unggul sebab memiliki rasa yang enak dan segar dibandingkan dengan susu kedelai yang dipasarkan di toko-toko pada umumnya. Disisi lain, proses produksi, packaging, hingga pemasarannya masih sangat tradisional. Produk susu kedelai hanya dikemas dalam kemasaran plastic biasa, macam susu kedelai kurang bervarian, tidak ada label merek produk dan informasi mengenai produk, produk hanya dipasarkan di pasar tradisional sebatas World of Mouth. Tim abdimas Unmer Pasuruan melaksanakan program-program terkait dengan perbaikan aspek manajemen baik pemasaran, produksi, keuangan dan sumber daya manusia sehingga tercipta produk susu kedelai yang menarik dengan memiliki nilai produk yang lebih tinggi sehingga mampu meningkatkan laba dan pendapatan.