Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Ispring Presenter Bagi Guru SDN Sidorejo I dan SDN Kebonsari III Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban

Main Authors: Wiratsiwi, Wendri, Sari, Mega Puspita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2021
Subjects:
Online Access: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/14485
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/14485/1908
Daftar Isi:
  • Researchers chose these two elementary schools as partners because they found similar problems between one primary school and another primary school. The problems found were the ability of teachers at SDN Sidorejo I and SDN Kebonsari III in the knowledge of technology-based learning media is still low and the utilization of technology facilities for teachers at SDN Sidorejo I and SDN Kebonsari III to support the content of teaching materials to improve the quality of teaching and learning process is still low low. The method of implementing this training was carried out with several steps of activities, namely (1) The initial activity began with the introduction of the Ispring Presenter learning media and demonstrations. The next activity was to provide mentoring twice. Assistance is carried out with guidance and practice methods; (2) The next activity is each teacher presenting how to operate various forms of interactive and innovative questions that have been made according to the subjects being taught. The existence of this training can improve the ability of teachers in mastering material about Ispring Presenter and its use which shows an average value of 93.85 for SDN Sidorejo I and by 90.90 in SDN Kebonsari III. The teacher's response to the training in making instructional media using Ispring Presenter from four indicators shows a positive response.
  • Peneliti memilih kedua SD ini sebagai mitra karena menemukan permasalahan yang serupa antara SD yang satu dengan SD yang lain. Masalah yang ditemukan adalah kemampuan guru-guru di SDN Sidorejo I dan SDN Kebonsari III dalam pengetahuan media pembelajaran berbasis teknologi masih rendah dan pemanfataan fasilitas teknologi para guru di SDN Sidorejo I dan SDN Kebonsari III  untuk menunjang konten materi ajar guna meningkatkan kualitas proses belajar mengajar masih rendah. Adapun metode pelaksanaan pelatihan ini dilakukan dengan beberapa langkah kegiatan yaitu (1) Kegiatan awal dimulai dengan pengenalan media pembelajaran Ispring Presenter dan dilakukan demonstrasi. Kegiatan berikutnya yaitu dilakukan pendampingan sebanyak dua kali pertemuan. Pendampingan dilaksanakan dengan metode pembimbingan dan praktik; (2) Kegiatan berikutnya yaitu masing-masing guru mempresentasikan bagaimana cara mengoperasikan berbagai macam bentuk pertanyaan interaktif dan inovatif yang sudah dibuat sesuai mata pelajaran yang diampu.Adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai materi tentang Ispring Presenter dan penggunaannya yaitu menunjukkan rata-rata nilai sebesar 93,85 untuk di SDN Sidorejo I dan sebesar 90,90 di SDN Kebonsari III. Respon guru terhadap pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Ispring Presenter dari empat indikator menunjukkan respon yang positif.