Implementasi Software Plagiasi dan Google Classroom Untuk Membantu Penilaian Tugas Siswa Pada SMK Nasional Berbah-Seleman

Main Author: Hayaty, Mardhiya
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2020
Subjects:
Online Access: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/13812
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/13812/1499
Daftar Isi:
  • Work on student assignments and assessments are done manually so that evaluation cannot be done objectively because many tasks are similar or even the same as other student assignments. Copying other people's work is unlawful; students lack an understanding of the definition of plagiarism. Therefore education about this is done early, especially for the world of knowledge, which incidentally really appreciates the work of others. Making plagiarism software is needed to answer these challenges; this service activity provides training to teachers in managing online-based student assignments and checking assignment documents using plagiarism software. This activity can make it easier for teachers to offer assignment assessments and provide students with an understanding of the originality of a work. 
  • Pengerjaan tugas-tugas siswa dan penilaiannya selama ini dilakukan secara manual sehingga penilaian tidak bisa dilakukan secara objektif mengingat banyaknya tugas yang mirip atau bahkan sama dengan tugas siswa lainnya. Menjiplak atau mencontek hasil karya orang lain adalah perbuatan yang melanggar hukum, bahwa minimnya pemahaman siswa atau mahasiswa tentang definisi plagiat. Oleh karena itu edukasi tentang hal ini dilakukan sejak dini terutama bagi dunia pendidikan yang notabene sangat menghargai sebuah hasil karya orang lain. Pembuatan software plagiasi dibutuhkan untuk menjawab tantangan tersebut, kegiatan pengabdian ini memberikan pelatihan kepada para guru dalam pengelolaan tugas siswa berbasis online serta pengecekan dokumen tugas menggunakan software plagiasi. Kegiatan ini mampu mempermudah guru dalam memberikan penilaian tugas serta memberikan pemahaman kepada siswa tentang orisinilitas sebuah hasil karya.