STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA EDUKASI KANDANK JURANK DOANK, CIPUTAT- TANGERANG SELATAN

Main Authors: Hurdawaty, Ramon, Isnaeni, Abu Bakar
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: CIPTA (Cakrawala Ilmu Pariwisata) untuk Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta , 2017
Online Access: http://journal.stpsahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/102
http://journal.stpsahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/102/59
Daftar Isi:
  • Pariwisata merupakan salah satu kegiatan industri pelayanan dan jasa yang menjadi andalan Indonesia dalam rangka meningkatkan devisa negara disektor non migas. Dengan berkembangnya industri pariwisata di indonesia tentunya akan menarik juga sektor industri lainnya untuk turut berkembang. Kandank Jurank Doank adalah Objek Wisata yang berada di kota Tangerang Selatan. Objek wisata yang memiliki konsep Wisata Edukasi ini m enjadi pilihan masyarakat Kota Jakarta dan sekitarnya untuk berekreasi karena lokasinya yang cukup dekat dengan pusat Kota Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan dukungan data kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui ob servasi, w a w a n c a r a k uisi o n e r d a n st u di d o k u m e n t a si. I n f o r m a n d al a m p e n eliti a n ini a d al a h pi h a k p e n g el ol a o bje k wis a t a Kandank Jurank Doank, agar diperoleh data yang benar -benar sesuai dengan keadaan internal maupun eksternal di Kandank Jurank Doank. Analis is Faktor Internal dan Eksternal ditentukan oleh pihak pengelola Kandank Jurank Doank melalui teknik kuisioner, lalu dilanjutkan dengan perhitungan bobot relatif Faktor Internal maupun Eksternal dengan kuisioner pembobotan faktor Internal dan Eksternal. Se telah menentukan bobot relatif Faktor Internal dan Eksternal dilanjutkan dengan Matrix EFE dan Matrix IFE untuk menentukan total skor EFE dan IFE yang nantinya akan digunakan untuk pengukuran Matrix I-E, lalu di lanjutkan dengan Matrix SWOT untuk menentuka n strategi- strategi pengembangan objek wisata Kandank Jurank Doank. Adapun strategi yang diperoleh dari Matrix SWOT adalah, mengembangkan potensi yang dimiliki perusahaan dan tetap mempertahankan konsep wisata yang ada, mengoptimalkan sistem informasi man ajemen dalam kegiatan wisata edukasi di Kandank Jurank Doank, meningkatkan pelayanan dan kualitas SDM baik dari segi keamanan dan kenyamanan demi tercapainya tingkat kepuasan konsumen, merancang kegiatan wisata edukasi alternatif dengan memanfaatkan sarana dan prasarana serta lahan yang tersedia, meningkatkan kerja sama yang a n t a r a p e m e ri n t a h, m a s y a r a k a t s e t e m p a t d a n ju g a wis a t a w a n, m e m a n f a a t k a n p e n g g u n a a n m e dia i n t e r n e t u n t u memaksimalkan kegiatan promosi dan informasi objek wisata Kandank Jurank Doa nk, dan menjalin kerja sama dengan investor untuk membantu pengembangan Kandank Jurank Doank.