PENGARUH KEPRIBADIAN PROAKTIF TERHADAP INTENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Main Authors: | Aryaningtyas, Aurilia Triani, Palupiningtyas, Dyah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Udayana
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmbk/article/view/35745 https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmbk/article/view/35745/28562 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menguji pengaruh kepribadian proaktif terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa dengan pendidikan kewirausahaan sebagai variabel moderasi. Menggunakan teknik quota sampling, diambil sampel penelitian sejumlah 200 mahasiswa pada sepuluh perguruan tinggi di Semarang. Hasil menunjukkan kepribadian proaktif secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa. Pendidikan kewirausahaan secara signifikan juga berpengaruh terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa, sekaligus memoderasi hubungan kepribadian proaktif dan intensi kewirausahaan mahasiswa. Temuan ini konsisten dengan teori kepribadian kewirausahaan. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan bagi penyelenggara pendidikan tinggi dalam mendesain pola pendidikan kewirausahaan yang tepat dalam menumbuhkan intensi berwirausaha pada mahasiswanya.
- This study investigated the predictive relationship between proactive personality and entrepreneurial intention and the extent to which such a relationship was moderated by entrepreneurial education. Using sample 200 undergraduates students at ten universities in Semarang by quota sampling technique. The results showed that proactive personality was significantly and positively associated with entrepreneurial intention. Entrepreneurial education related significantly with entrepreneurial intention. It was observed that entrepreneurial education significantly moderated the relationship between proactive personality and entrepreneurial intention. The findings were consistent with the personality theory of entrepreneurship. The implications of this research can be used for those who strive in higher education, how they supposed to design the right pattern of entrepreneurship education to encourage more students improve their entrepreneurial intention.