pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe Group Investigation (GI) Terhadap hasil belajar siswa kelas X semester genap SMK Muhammadiyah 1 Metro TP. 2014/2015

Main Author: Emsalega, Yuli
Format: Book
Terbitan: Univ.Muhammadiyah Metro , 2015
Subjects:
Online Access: http://lib.ummetro.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=8174
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyahl Metro diperoleh gambaran tentang keadaan kelas saat proses pembelajaran berlangsung sebagai berikut : terdapat beberapa siswa yang dikategorikan tuntas sebanyak 8 siswa atau sebesar 25% dan dikategorikan belum tuntas sebanyak 24 siswa atau sebesar 75%, sedangkan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) kelas X SMK Muhammadiyah 1 Metro pada pelajaran kewirausahaan adalah7,00. Altematif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar dan hasil belajar kewirausahaan adalah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Keunggulan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) adalah siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran dan untuk dapat mempertanggungjawabkan tugas yang telah diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran serta melatih siswa ke arah belajar mandin', selain itu siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X semester genap SMK Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Invetigation (GI) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X semester genap SMK M uhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Hipotesis dalam penelitian ini adalah