pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP N 1 Pekalongan TP. 2014/2015

Main Author: Dewi, Luciana
Format: Book
Terbitan: Univ.Muhammadiyah Metro , 2015
Subjects:
Online Access: http://lib.ummetro.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=8170
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Pekalongan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan desain eksperimen Quasi Experimental Design Dimana terdapat satu kelompok eksperimen yang di pilih secara cluster random sampling sehingga didapat kelompok eksperimen pada kelas VIII 6 yang beljumlah 32 siswa.Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis penelitian,yang penghitungannya menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana diperoleh a =38,3200 b = 0,5459 sehingga dengan demikian Y = a + bX , adalah Y = 38,3200 + 0,5459 X . Hal ini dibuktikan dengan penghitungan analisis data dapat diketahui bahwa nilai tersebut thinmg > tubal, dan terlihat bahwa pada taraf signi?kan 5% yaitu 5,13> 1,70.Dan pada taraf signi?kan 1% yaitu 5,13 > 2,46 , yang dapat dilihat pada da?ar G tabel statistik.Setelah dianalisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penggunaan model Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar [PS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pekalongan. Kata kunci : Model Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining dan Hasil Belajar IPS Terpadu