Pengaruh penggunaan model Cooperative Learning Tipe Insert Outset Circle (IOC) terhadap hasil belajar ips terpadu siswa kelas vii SMP N 2 Metro semester genap Tp. 2014/2015

Main Author: Familia Fatmawati, Ani
Format: Book
Terbitan: Univ.Muhammadiyah Metro , 2015
Subjects:
Online Access: http://lib.ummetro.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=8160
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Metro TP. 2014/2015 yaitu terdapat 79,41 % siswa belum mencapai KKM. Hal ini dikarenakan siswa kurang berani mengungkapkan idenya. Maka dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC) siswa diharapkan lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat mencmukan sendiri jawaban dari suatu pennasalahan yang diberikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis yang dilakukan terbukti bahwa ada pengaruh positif penggunaan model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (10C) terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII C di SMP Negeri 2 Metro. Hal ini dibuktikan dengan penghjtungan analisis data diketahui bahwa nilai thinmg > tube], dan pada taraf signi?kan 5% yaitu 5,87 > 1,70 sedanng pada taraf signi?kan 1% yaitu 5,87 > 2,46, yang dapat dilihat pada da?ar G tabel statistik. Dengan demikian maka hipotesis diterima. Kata Kunci : Model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC), Hasil Belajar.