pengaruh penggunaan model cooperative Learning Tipe Picture and Picture terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester genap MTs Negeri 1 Lampung timur Tp. 2014/2015
Main Author: | Oktavia, Novi |
---|---|
Format: | Book |
Terbitan: |
Univ.Muhammadiyah Metro
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ummetro.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=8153 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII semester genap pada MTs Negeri 1 Lampung Timur tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan penelitian ini metode eksperimen menggunakan_ bentuk quasi experimental design nonequivalent control group design Analisis data menunjukkan hasil belajar IPS Terpadu mengalami peningkatan 14,81%, dilihat dari perbandingan evaluasi pretes 66,67% sedangkan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada evaluasi posttes adalah 81,48%. Berdasarkan hasil penelltian tersebut maka hipotesis dapat diterima sebab thng (thit) = 27,4 lebih besar daripada ttabel (tub) = 1,71 dan 2,48. Dengan demikian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif Penggunaan Model Cooperative Learning tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu siswa kelas VII Semester Genap MTs Negeri l Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015.