pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester Genap SMP N 1 Pekalongan TP. 2014/2015
Main Author: | Wati, Risna |
---|---|
Format: | Book |
Terbitan: |
Univ.Muhammadiyah Metro
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ummetro.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=8144 |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pcngaxuh pengglmaan model Cooperative Learning tipe Talking Stick terhadap basil belajar IPS terpadu siswa kelas VII semester genap SMP Negeri l Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pekalongan Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 yang bexjumlah 192 siswa. Sampel diambil secara sampling purposive dan diperoleh kelas V113 yang beljumlah 32 sebagaj kelas yang dijadikan penelitian eksperimen atau schagai kelas yang mendapat perlakuan menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Slick, dan kelas konLrol di kelas VII; yang bcxjumlah 32. kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus tube. untuk mcngetahui apakah ada pengaruh model Cooperative Learning tipe Talking Stick lethadap basil belajar [PS Terpadu ya'xtu dengan rumus Regresi linier Wdari analisis data hasil penelitian menggunakan rumus Regresi linier minimal didapatkan pada taraf signi?kan thmmg > tube], dan terlihat bahwa pada l'llf?gui?kan 5% yaitu 5,25> 1,70. Dan pada taraf signi?kan 1% yaitu 5,25 > 2,46, yang dapat dilihat pada daftar G tabel statistik. Dengan demikian maka Iipotcsis diterima. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Waive learning tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar [PS Tami!) siswa kelas V II SMP Negen' l Pckalongan atau hipotesisnya berbunyi Alb pengamh yang positif penggunaan model cooperative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada kelas VII SMP Negeri 1 Pekalongan Mm pelajaran 2014/2015. kata kunci : Pengaruh, Penggunaan model Cooperative learning tipe talking stick, dan Hasil Belajar