pengaruh penggunaan pendekatan contextual teaching and learning (CTR) terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII Semester genap SMP n 1 Gunung Agung TP. 2014/2015
Main Author: | Andari, Tri |
---|---|
Format: | Book |
Terbitan: |
Univ.Muhammadiyah Metro
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ummetro.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=8142 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Gunung Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri l Gunung Agung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 195 siswa Sampel diambil secara sampling purposive dan diperoleh kelas VII.6 yang berjumlah 33 sebagai kelas yang dijadikan penelitian eksperimen atau sebagai kelas yang mendapat perlakuan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas VII.5 sebagai kontrol yang berjumlah 33. Dari analisis data hasil penelitian menggunakan rumus Regresi linier sederhana didapatkan thng =8,20 dengan tmbe. =2,46 pada taraf signi?kasi 0,01 atau 1% ,sedangkan T tabel=l,70 pada tarap signi?kasi 0.05 atau 5%,dengan demikian thimng > tube]. Ini berarti Regresi linier sederhana bersifat nyata atau hipotesi diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa strategi belajar dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester genap SMP Negen' 1 Gunung Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci : Pengaruh, Pedekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), dan Hasil Belajar