pengaruh penggunaan model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VIII semester genap SMP N 1 Kota Gajah TP 2014/2015
Main Author: | Amelia, Mega |
---|---|
Format: | Book |
Terbitan: |
Univ.Muhammadiyah Metro
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ummetro.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=8137 |
Daftar Isi:
- Keywords : Model Cooperative Learning type Group Investigation (GI) and learning outcomes Social Sciences Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar lPS Terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design berbentuk noneqiuvalent control group design. Dari analisis data menunjukkan basil belajar IPS Terpadu mengalami peningkatan 45,83 % dilihat dari perbandingan evaluasi pretes dan evaluasi posttes, yaitu peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada evaluasi pretes adalah 16,67%, sedangkan peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada evaluasi posttes adalah 62,5 %. Berdasarkan perhitungan dengan rumus rcgresi linier sedelfhana dengan menggunakan thimg (tn) dalam analisis data dapat diketahui bahwa analisis perhitungan nilai tersebut tm-mg > tube, .Pada taraf signi?kan 5% yaitu 4 > 1,72 yaitu than