pengaruh penggunaan model cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VII Semester Genap SMP N 7 Metro TP. 2014/2015

Main Author: Lestari, Yuli
Format: Book
Terbitan: Univ.Muhammadiyah Metro , 2015
Subjects:
Online Access: http://lib.ummetro.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=8124
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kata Kunci : Model Cooperative Learning tipe Group Investigation dan Hasil Belajar IPS Terpadu Model Cooperative Learning Tipe Group investigation adalah suatu tipe pembelajaran yang melibatkan peserta didik sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya secara investigasi. Model pembelajaran ini lebih menekankan pada partisipasi dan akti?tas peserta didik untuk mencari sendiri materi (informasi) pembelajaran yang akan dipelajari melalui bahan- bahan yang tersedia, misalnya dari buku pelajaran atau peserta didik dapat mencan' melalui media lainnya. Hasil belajar adalah suatu hal yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan proses pembelajaran berdasarkan kriteria tertentu dalam pengukuran pencapaian tujuan pembelajaran itu sendiri yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan peserta didik sehingga menjadi lebih baik dari pada sebelumnya,berupa skor atau nilai setelah proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu. Berdasarkan hasil survei yang penulis lakukan yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang belum tuntas pada mata pelajaran IPS Terpadu peserta didik kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Sehubungan dengan masa