Pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VII semester genap SMA Ma'arif 5 Metro tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Pratiwi putri |
---|---|
Format: | Book |
Terbitan: |
Univ.Muhammadiyah Metro
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ummetro.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=8115 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kata Kunci : Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Hasil Belajar IPS Terpadu Model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada kerjasama anggota kelompok atau tim dalam berdiskusi untuk menguasai materi pembelajaran yang diberikan guru, karena akan membantu peserta didik bekerja lebih baik pada saat game. Selanjutnya diadakan turnamen dimana dan' masing-masing kelompok diambil 2 peserta didik atau lebih untuk mewakili kelompoknya dan kemudian memainkan game dengan anggota kelompoknya (tim) lain untuk mendapatkan skor bagi timnya, sedangkan untuk tim yang mendapatkan skor tertinggi mendapatkan penghargaan berupa serti?kat atau hadiah. Hasil belajar adalah sesuatu hasil dari usaha peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dimana peserta didik akan memperoleh suatu perubahan penguasaan sejumlah pengetahuan (kognitif), sikap (afektij) dan keterampilan (psikomotor) yang tampak dari tingkah laku peserta didik yang berupa nilai. Hasil belajar dapat dilihat dari KKM IPS terpadu yaitu Z 70. Berdasarkan hasil survei yang penulis lakukan yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang belum tuntas pada mata pelajaran IPS Terpadu peserta didik kelas VII semester ganjil SMP Ma