Pengaruh sikap, minat, motivasi dan gelar akuntan terhadap keputusan menempuh pendidikan profesi akuntan (PPAk) (studi empiris pada mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Metro)
Main Author: | Apriani, Eri |
---|---|
Format: | Book |
Terbitan: |
Univ.Muhammadiyah Metro
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ummetro.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=7757 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Eri Apriani, NPM. 11630024, Pengaruh Sikap, Minat, Motivasi, Dan Gelar Akuntan Terhadap Keputusan Menempuh Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Suyanto, S.E., Msi., Akt., CA., dan Pembimbing (ll) H. Jawoto Nusantoro, S.E., M.Si.. Pendidikan profesi akuntansi diharapkan mampu menjawab kebutuhan akan pentingnya sumber daya manusia yang profesional dan kompeten di bidang Akuntansi. Mengigat persyaratan mengikuti pendidikan profesi akuntansi adalah sarjana S-I Akuntansi, atau lulusan D-IV Jurusan Akuntansi, maka perlu adanya sikap, minat, dan motivasi dari mahasiswa akuntansi untuk menempuh pendidikan profesi akuntansi. Dengan adanya sikap, minat, dan motivasi, diharapkan tumbuhnya keinginan mahasiswa akuntansi untuk menempuh pendidikan profesi akuntansi, yang pada gilirannya akan melahirkan akuntan publik yang profesional. Keputusan mahasiswa akuntansi untuk menempuh pendidikan profesi akuntansi, tidak terlepas dari berbagai faktor, baik faktor dari diri mahasiswa (internal), maupun faktor dari luar (eksternal). Faktor internal di antaranya adalah sikap, minat, dan motivasi. Sedangkan faktor dari luar yaitu gelar akuntan. Tujuan penelitianini adalah pertama, memberikan bukti empiris pengaruh sikap terhadap keputusan menempuh pendidikan profeesi akuntansi (PPAk), kedua memberikan bukti empiris Pengaruh Minat terhadap keputusan menempuh pendidikan profesi akuntasni (PPAk), ketiga memberikan bukti empiris pengaruh motiasi terhadap keputusan menempuh pendidikan profesi akuntasni (PPAk), kempat memberikan bukti empiris pengaruh gelar akuntan terhadap keputusan menempuh pendidikan profesi akuntasni (PPAK). Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Metro. Sampel yang dipilih sebanyak 40 responden. Model analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda, analisis ini didasarkan pada data jawaban 40 responden terhadap kuesioner yang diajukan. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara Iangsung kepada seluruh mahasiswa semester Vlll Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Sikap (X1) berpengaruh signi?kan terhadap keputuan mahasiswa akuntasi menempuh Pendidikan Profesi Akuntasni (PPAk), yang ditunjukkan dari nilai signi?kan sebesar 0,03, 2). Minat (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputuan mahasiswa akuntasi menempuh Pendidikan Profesi Akuntasni (PPAk), yang ditunjukkan dari nilai signi?kan sebesar 0,01. 3), Motivasi (X3) berpengaruh signi?kan terhadap keputuan mahasiswa akuntasi menempuh Pendidikan Profesi Akuntasni (PPAk), yang ditunjukkan dari nilai signi?kan sebesar 0,03. 4). Gelar Akuntan (X4) tidak berpengaruh signi?kan terhadap keputuan mahasiswa akuntasi menempuh Pendidikan Profesi Akuntasni (PPAk), yang ditunjukkan dari nilai signi?kan sebesar 0,62. Kata Kunci: Sikap, Minat, Motivasi, Gelar Akuntan, Pendidikan Profesi Akutansi