Pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe (student teams achievement division) STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah 1 Metro TP 2014/2015
Main Author: | Sari, Mega Desfa |
---|---|
Format: | Book |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Metro
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ummetro.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=7632 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sari, Mega Desfa .2015. Pengaruh Penggunaan Model CooperatifLearning Tipe {Student Teams Achievement Division) STAD terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Drs. Partono, M.Pd. Pembimbing: (2) Dedy Hidayatullah Alarifin, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh ST^4Z),Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika merupakan salah satu bidang ilmu yang tergolong sulit dipelajari oleh siswa. Indikasi yang mudah ditemukan adalah hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Masih banyak tenaga pendidik yang menggunakan motode ceramah sehingga suasana kegiatan pembelajaran terkesan kaku dan didominasi oleh guru dan terlihat monoton. Rendahnya hasil belajar siswa karena masih kurangnya keaktifan siswa dalam belajar fisika. Model pembelajaran cooperative learning tipe STAD merupakan salah satu pembelajaran yang mampu mendorong siswa agar lebih aktif dalam proses belajar karena pembelajaran dilakukan dengan berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe STAD terhadap aktivitas belajar siswa dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2013/2014, serta faktor-faktor yang menyebabkan model pembelajaran tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Metro. Sampel diambil berdasarkan teknik cluster random sampling dan dipilih kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dilakukan dengan rnengguiiakan riietode observasi dan metode tes. Analisis data dalam penelitian ini berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah diperoleh hasil uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis bahwa ada pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe STAD terhadap aktivitas belajar siswa hal ini ditunjukkan pada uji perbedaan dua rata-rata bahwa pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai War3 1,68 sedangkan thitung 3,04 dan hasil belajar siswa al ini ditunjukkan pada uji perbedaan dua rata-rata bahwa pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai War"1 1,68 sedangkan thitung 4,89. Faktor positif yang menyebabkan model kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar fisika adalah kerjasama dan tanggung jawab kelompok, rasa percaya diri serta komunikasi siswa.