PELAKSANAAN TEKNIK SUPERVISI INDIVIDUAL SEBAGAI IMPLEMENTASI KERJA KEPENGAWASAN DI SMP NEGERI 1 SIANJUR MULA MULA KECAMATAN SIANJUR MULA MULA KABUPATEN SAMOSIR
Main Author: | Sinurat, Oldes |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STMIK Budi Darma
, 2018
|
Online Access: |
http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/inti/article/view/675 http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/inti/article/view/675/pdf |
Daftar Isi:
- Seiring penerapan kurikulum berbasis kompetensi, di mana mutu pendidikan yang tidak hanya ditengarahi dengan nilai ebtanas atau nilai ujian akhir atau nilai cawu saja, tetapi juga lingkungan sekolah yang kondusif, dan juga berdasarkan kepada nilai-nilai, kecerdasan, dan life skiils siswa. Sekolah adalah pelaksana pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia di dalam proses pembelajarannya. Untuk itu peneliti mencoba mengukur seberapa tinggi pelaksanaan teknik supervisi individual dan seberapa tinggi kemampuan guru dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula Kecamatan Sianjur Mulamula Kabupaten Samosir, dengan menghubungkan pelaksanaan teknik supervisi individual dengan peningkatan kemampuan guru dalam proses pembelajaran, dengan tujuan untuk mengetahui manfaat supervisi itu secara mendalam yang selama ini terkesan supervisi sebagai suatu proses yang bersifat administratif saja atau pengawasan semata terhadap kerja guru. Kepala sekolah dapat mengidentifikasi kemampuan guru dalam proses pembelajaran, sehingga memungkinkan terciptanya kemudahan dalam rangka peningkatan kemapuan guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan yang berharga bagi kepala sekolah untuk mengetahui dalam bidang mana perhatian dapat lebih diarahkan guna ikut menciptakan supervisi yang lebih mengena pada apa yang diharapkan oleh guru. Sebagai masukan yang berharga untuk mengetahui kualitas dan kemampuannya dalam proses pembelajaran sehingga terdorong untuk dapat meningkatkan profesionalismenya lebih lanjut. Selain itu dapat memacu kesadaran guru akan pentingnya teknik supervisi individual dalam proses peningkatan kemampuannya dalam proses pembelajaran serta menghilangkan pandangan guru-guru bahwa supervisi merupakan penilaian kerja.