PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN KINERJA GURU MENGAJAR IPA DI SMP NEGERI 1 SIANJUR MULAMULA

Main Author: Sinurat, Oldes
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STMIK Budi Darma , 2018
Online Access: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/inti/article/view/651
http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/inti/article/view/651/pdf
Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran, proses interaksi antar siswa sangat berpotensi dapat mengembangkan minat dan skil dari masing-masing siswa. Dengan model ini masing-masing anggota grup diberikan suatu job description untuk membangun terciptanya situasi yang disiplin, akan membantu lancarnya kelancaran penyampaian pelajaran, sehingga berpengaruh terhadap pencapaian tujuan. Dengan demikian bagi guru dapat membantu untuk mencapai target materi. Pembelajaran kooperatif lebih menekankan interaksi antar siswa. Dari sini siswa akan melakukan komunikasi aktif dengan sesama temannya. Dengan komunikasi tersebut diharapkan siswa dapat menguasai materi pelajaran dengan mudah karena “siswa lebih mudah memahami penjelasan dari kawannya dibanding penjelasan dari guru karena taraf pengetahuan serta pemikiran mereka lebih sejalan dan sepadan”.Berdasarkan paparan tersebut diatas maka peneliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan tema“Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigation Sebagai Alternatif Meningkatkan Kinerja Guru IPA di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula Kecamatan Sianjur Mulamula Kecamatan Sianjur Mulamula Kabupaten Samosir Tahun Pelajaran 2014/2015”Kata kunci : Alternatif, Kinerja, siswa, Guru, Kooperatif