PENERAPAN ALGORITMA MINIMAX PADA PERMAINAN CHECKERS
Main Authors: | Syapnika, Dahwila, Siagian, Edward Robinson |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)
, 2015
|
Online Access: |
http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/352 http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/352/329 |
Daftar Isi:
- Checkers merupakan jenis permainan game board,yang mengandalkan strategi sebagai elemen utamanya. Permainan ini dimainkan oleh dua orang pemain dengan tujuan menghabiskan kepingan lawan. Permainan checkers yang dibuat dengan AI (Artificial Intelligence) tertentu menerapkan algoritma Minimax. Penerapan algoritma Minimax dalam checkers dibuat berdasarkan prosedur Minimax untuk mendapatkan langkah terbaik dari posisi yang ada. Setiap posisi memiliki nilai yang dapat dihasilkan dari langkah terbaik, dengan berasumsi bahwa AI akan selalu mencoba memaksimalkan nilai, ketika lawan akan mencoba untuk meminimalkannya. Perancangan permainan checkers ini di buat dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Didalam menu permainan checkers terdapat beberapa menu. Dalam permainan checkers terdapat dua buah bidak yang berlainan warna. Setiap pemain memilih warna yang di inginkan. Setiap bidak dapat berubah menjadi raja setelah melewati garis akhir lawan. Kata Kunci: checkers, Artificial Intellingence (AI), Minimax, alpha-beta, Microsoft Visual Basic