Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Muamalat Tbk. Cabang Pembantu Sibolga Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening

Main Author: Sudarni, Sudarni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/9/1/41692.pdf
http://repository.ut.ac.id/9/
Daftar Isi:
  • Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah akan meningkatkan loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan nasabah, untuk mengetahui pengaruh langsung variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah, untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening dan untuk mengetahui pengaruh langsung kepuasan terhadap loyaitas nasabah. Penelitian ini adalah penelitian konfirmatori yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variable yang telah dikembangkan dari penelitian-penelitian sebelumnya dengan fakta atau kejadian yang sesungguhnya di lapangan. Target populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Cabang Pembantu Sibolga. Sampel yang diambil 100 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Metode analisis yang digunakan untuk pengujian hipothesis dalam penelitian ini menggunakan Path Regresion Analysis dengan menggunakan bantuan program SPSS 20,0. Hasil uji Path analisis terhadap sub struktur pertama, semua variabel kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty) berpengaruh signifikan pada Kepuasan Nasabah (p<0.05). Nilai adjusted R2 sebesar 0,810. Hasil uji Path analisis terhadap sub struktur kedua, hanya variabel reliability dan kepuasan nasabah yang berpengaruh langsung terhadap loyalitas nasabah sedangkan tangible, responsiveness, assurance dan emphaty tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas nasabah (p>0.05) dan Nilai adjusted R2 sebesar 0,755. Hasil penelitian ini menunjukkan hanya variabel reliability yang berpengaruh langsung terhadap loyalitas nasabah. Sementara itu tangible, responsiveness, assurance dan emphaty tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas nasabah.