Kontribusi Pendidikan Jarak Jauh pada Peningkatan Partisipasi Pembelajaran Sain dan Teknologi di Indonesia
Main Authors: | Hewindati, Tri Yuni, Zuhairi, Aminudin |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/8991/1/B0031-20.pdf http://repository.ut.ac.id/8991/ |
Daftar Isi:
- Makalah ini mengulas kontribusi pendidikan jarak jauh (PJJ) pada peningkatan pembelajaran sain dan teknologi khususnya di Indonesia. Pembahasan dimulai dengan berbagai perspektif yang mendorong perkembangan PJJ secara umum, meliputi aspek filosofi, sejarah, politik dan hokum, social dan ekonomi, sosiologi dan cultural, dan sain dan teknologi. Prinsip PJJ diulas secara ringkas, terkait dengan karakteristik, landasan filosofi, prinsip implementasi, serta pendidikan sebagai hak dasar manusia. Perkembangan PJJ di Indonesia dan Universitas Terbuka (UT) diberikan, dilanjutkan dengan uraian tentang kontribusi PJJ pada peningkatan pembelajaran sain dan teknologi di Indonesia. Selanjutnya, tulisan ini juga mencoba mengkaji tentang kontribusi PJJ pada pembelajaran sain, serta prospek ke depan PJJ bagi peningkatan partisipasi dalam pembelajaran sain dan teknologi, khususnya di Indonesia. Contoh pembelajaran sain yang kita petik dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Terbuka (FMIPA-UT) akan memperjelas kerangka pengetahuan tentang pembelajaran sains dan teknologi melalui sistem PJJ.