Independensi Media Massa Lokal di Madura Selama Masa Kampanye Pemilihan Presiden 2014

Main Author: Triandika, Lulus Sugeng
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri Kudus , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8969/1/20-B0021.pdf
http://repository.ut.ac.id/8969/
http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunikasi
Daftar Isi:
  • Media massa memiliki peran penting selama masa kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Sebagai alat komunikasi politik, media massa memiliki pengaruh kuat bagi publik. Fen omena tersebut menjadi komoditas pemberitaan pada media massa, baik lingkup nasional maupun daerah. Topik tentang pemilihan presiden menjadi tajuk berita utama di mayoritas media massa. Radar Madura, salah satu media cetak lokal di Madura,Bahkan beberapa kali menjadikan kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden sebagai tajuk berita utama. Netralitas dan independensi media massa pada masa kampanye kemudian perlu dikaji kembali. Berdasarkan fakta bahwa redaksi media massa bisa menentukan sudut pemberitaannya. Maka perlu dikaji untuk mengetahui makna pembingkaian berita. Analisis framing dengan pendekatan teori milik Pan dan Kosicky digunakan untuk mengkajinya. Hasilnya adalah ditemukan fakta bahwa Radar Madura telah melakukan pembedaan tema dan konsep pemberitaan kampanye calon presiden dan wakil presiden. Fakta tersebut merupakan representasi kecondongan redaksi terhadap salah satu cal on Presiden dan W akil Presiden.