Pengaruh Manajemen Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri Long Ikis Kabupaten Paser

Main Author: Kasmuji,
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8944/
Daftar Isi:
  • Rendahnya kinerja guru dan mutu pcndidikan menjadi pennasalahan saat ini yang dihadapi oleh hampir semua sekolah di Kabupaten Poser, tennasuk di Kecamatao Long lkis. Tujuan penelitian ini: Untuk mengetahui pengaruh manajemen sekolah terltadap kinerja Guru pada SMP Negeri Long Ikis. Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah lerhadap kinerja guru pada SMP Negeri Long lkis. Untuk mengetahui pengaruh manajemen sekolah dan kepemimpinan kepala selrolah terhadap kinerja guru SMP Negeri Long lkis. Jenis penelitihan diskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tersebar di 7 (tujuh) SMP Negeri Long lkis Kabupaten Paser dengan masa kerja lima tahun lebih, sebanyak 80 orang pegawai. Sampel penelitihan diambil dari semua populasi. Posedur pengumpulan data penelitian dilakukan dengan kuisioner, dengan instrumen sebanyak 30 item pernyataan. Sedangkan analisis datanya adalah secara kualitatif dengan teknik statistik diskriptif, analisis korelasi dan regresi sederhana, serta analisis korelasi dan regresi berganda. Dengan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 24.0. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pada tamp kepercaayaan 0,05 manajemen sekolah terhadap kinerja guru, terbukti korelasi Pearson R = 0,824, nilai R square ( R') = 0,680 atau 68,0%. (2) teldapat pengoruh positif dan signifikan pada tarap kepercayaan 0,05 kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. ditunjukkan R ~ 0,820, nilai R squere (R2) = 0,672 atau 67,2% (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pada tamp kepercayaan 0,05 manajemen sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru,hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi berganda (R) = 0,844 atau koefisien determinasinya ( R') = 0, 713 atau 71,3%. Kesimpulan: Manajemen sekolah terbadap kinerja guru SMP Negeri Long Ikis mendapat pengaruh positif dan signifikan. Kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri Long lkis mendapat pengaruh positif dan signifikan. Manajemen sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama teibadap kinerja guru SMP Negeri Long Ikis mendapat pengaruh positif don signiflkan.