Pengaruh Supervisi dan Manajemen Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias
| Main Author: | Lase, Sorianus |
|---|---|
| Format: | Thesis NonPeerReviewed |
| Terbitan: |
, 2018
|
| Subjects: | |
| Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/8942/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui: (1)Pengaruh Supervisi Terhadap Kinerja Guru; (2) Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Terhadap kinerja Guru; dan (3) Pengaruh Supervisi dan Manajemen Kepala Sekolah secara simultan Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias. Melode penelitian yang digunakan adalah melode Ex-Post Facto. Jumlah responden sebanyak 76 orang yang diambil dengan proporsional random sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, sedang analisis data lewat analisis deskriptif dan analisis infrensial. Sebagai persyaratan analisis diferensia data dan distribusi norma homogen dan linear. Hasil analisis menujukkan: I) Persamaan regresi: Y = 8,252 + 0,975X1 + 0,069X2; 2) Uji t variabel kemampuan supervisi kepala sekolah diperoleh .. > """1 (27,059 > 1,992),sehingga betpengaruh signifikan terhadap kinerja guru; Uji t variabel manajemen kepala sekolah diperoleh -. > (14,762 > l,992), sehingga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru; Uji F variabel kemampuan supervisi dan manajemen kepala sekolah diperoleh F > F..., (363,174 > 3,12), sehingga simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Uji determinasi R1 = 0,909; bcnuti besarnya sumbangan pengaruh kemampuan supervisi dan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 90,9% dan selebihnya dipengaruhi variabel lain. Kesimpulan hasil penelitian : 1) Hipotesis yang meyatakan " terdapat pengaruh kemampuan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru" teruji kebenarannya,2) Hipotesis yang menyalakan "terdapat pengaruh kemampuan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru" teruji kebenarnnnya. 3) Hipotesis yang menyatakan "terdapat pengaruh kemampuan supervisi dan manajemen kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru" teruji kebenarannya.
