Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dan Reciprocal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN Padangsidimpuan Utara
Main Author: | Sikumbang, Desnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/8941/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Inquiry dan Reciprocal terhadap hasil belajar IPA, Penelitian ini merupakan penelitian ekspenmen semu. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas: V dt SDN Padangsidimpuan utara Teknik penentuan sampel menggunakan Sampling Purposive sehingga ditentukan sarnpel penelitian hanya dua kelas yaitu kelas yang di SDN 200101 Padangsidimpuan dan di SDN 200108 Padangsidimpuan. instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar IPA Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal terhadap hasil belajar IPA siswa, dan (3) hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi daripada model pembelajaran Reciprocal.