Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa
Main Author: | Riyadi, Agus Soleb |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/8919/1/43933.pdf http://repository.ut.ac.id/8919/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest and postest non-equivalent group design yang dilaksanakan di SMPN l Bangodua kelas VIII. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yang mengukur kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (I) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. (2)Terdapat perbedaan kemampuan komuniksasi matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional.