Pengaruh Media Pembelajaran Power Point (Animasi Dan Non Animasi) Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Di Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor
Main Author: | Haris, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/8906/1/43769.pdf http://repository.ut.ac.id/8906/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di kecamatan Bogor Utara kota Bogor provinsi Jawa Barnt pada semester genap tahun ajaran 2017/2018,karena terdapat masalah yang mendasar terhadap hasil belajar IPA yakni rendahnya hasil belajar IPA Rendahnya hasil belajar IPA ini disebabkan karena penggunaan media pembelajaran yang digunakan masih bersifat abstrak dan kurang menarik. Untuk rneningkatkan hasil belajar dilakukan penggunaan media pembelajaran yaitu menggunakan media pembelajaran power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara peserta didik yang diberi perlakuan media pembelajaran power point animasi dan non animasi dan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anava dua jalan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V (Lima) Sekolah Dasar Negeri Cibuluh I Kota Bogor. Dari hasil penelitian menyimpulkan: 1). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap basil belajar IP A siswa pada penerapan media pembelajaran power point animasi dan non animasi. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa yang memiliki motivasi belajar kuat dan lemah. 3) Media pembelajaran power poin animasi dan motivasi kuat memiliki rataannya lebih besar, dibanding power poin non animasi karena keduanya berada di sub set yang berbeda maka pembelajaran power point animasi dan motivasi kuat lebih baik dari pada power poin non animasi dengan motivasi belajar kuat 4 ). Media pembelajaran power point animasi dan motivasi belajar lemah memiliki nilai rataannya lebih besar dibandingkan dengan media pembelajaran power point non animasi dan motivasi belajar lemah dan keduanya berada di sub set yang sama, maka tidak ada yang lebih baik diantara keduanya. 5) Tidak terdapat perbedaan signifikan faktor interaksi kategori media pembelajaran IPA dengan motivasi belajar (media*motivasi belajar).