Hubungan Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi

Main Author: Yunita, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
SD)
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8900/1/43871.pdf
http://repository.ut.ac.id/8900/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat membaca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan desain analisa regresi. Hipotesis penelitian diuji dengan analisis regresi linear sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama dengan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi bagi orang tua dan guru untuk selalu memotivasi siswa agar rneningkat minat bacanya dan bertambahnya penguasaan kosakata sehingga rneningkat pula kemarnpuan membaca pemahaman siswa.