Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition), Gerakan Literasi Sekolah, Dan Fasilitas Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Cianjur

Main Author: Mustariah, Jeni
Format: Thesis PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
SD)
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8884/1/43790.pdf
http://repository.ut.ac.id/8884/
Daftar Isi:
  • Guru harus memberikan stimulus untuk merangsang bakat dan minat siswa agar siswa lebih termotivasi dan tertarik dalam rnengikuti pembelajaran. Stimulus yang dapat dilakukan diantaranya penerapan model Cooperative learning tipe CIRC, Gerakan Literasi Sekolah dan Fasilitas Perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Model Cooperative learning tipe Cooperative Integrative Reading Composition, Gerakan Literasi Sekolah dan Fasilitas Perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan proses pendekatan kuantitatif asosiatif yang berupa analisis korelasi dan regresi sederhana dan regresi berganda. Penelitian ini dilakukan di SDN Kawunggading dan SON Cimanggu. Data yang dikumpulkan berupa kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data maka (1) terdapat pengaruh Model Cooperative learning tipe CJRC terhadap Minat Baca siswa. Kontribusi model Cooperative learning tipe CIRC terhadap Minat Baca siswa sangat tinggi. (2) terdapat pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca siswa, Kontribusi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa sangat tinggi. (3) terdapat pengaruh Fasilitas Perpustakaan Sekolah terhadap Minat Baca siswa. Kontribusi Fasilitas Perpustakaan Sekolah rendah. ( 4) terdapat pengaruh Model Cooperative learning tipe CIRC, Gerakan Literasi Sekolah, dan Fasilitas Perpustakaan secara bersama-sama terhadap Minat Baca siswa, secara bersama-sama terhadap Minat Baca Siswa. Kontribusi model Cooperative learning tipe CIRC, Gerakan Literasi Sekolah, dan Fasilitas Perpustakaan secara bersama-sama terhadap Minat Baca siswa sangat tinggi.