Perbedaan Hasil Belajar IPS Kelas VI Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Media Audio Visual Dan Pembelajaran Konvensional Di Gugus IV Neglasari, Kabupaten Bogor

Main Author: Mukaromah, Neneng
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8878/1/43825.pdf
http://repository.ut.ac.id/8878/
Daftar Isi:
  • Studi Eksperimental ini bertujuan untuk mcngetahui perbedaan hasil belajar IPS pada kelas VI SD. Penggunaan n1odel kooperatif tipe pembelajaran Jigsaw berbasis pada media pe1nbelajaran audio visual dibandingkan dengan penggunaan pendekatan pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah 307 siswa kelas VI SDN Gugus IV di Kecamatan Dramaga. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sa1npling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperi1nental, dengan desain pre-post-test dari dua kelompok desain kontrol. Pengumpulan data dilakukan 1nenggunakan observasi,analisis uji dalarn penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS (IPS) yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang berbasis media pembelajaran audio visual dibandingkan dengan menggunakan rnetode konvensional.