Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pedagogi Genre Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Main Author: Rahmatillah, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SD)
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8830/1/43869.pdf
http://repository.ut.ac.id/8830/
Daftar Isi:
  • Penelitian Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan versi Thiagarajan yang disebut juga dengan model 4 D,yang terdiri dari Tahap pendefinisian (define), Tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), Tahap Penyebaran (desimination). Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui pendekatan konstektualmenggunakan model pembelajaran Pedagogi Genre (Membangun konteks, Menelaah Model, Mengonstruksi terbimbing,dan Mengonstruksi Mandiri).sehingga siswa kelas 4 Sekolah Dasar terampil dalam menulis puisi. Metode penelitian yang digunakan kwantitatif deskriptif. Obyek pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 2 dan 5 Dawuhan Situbondo Tahun Pelajaran 2008/2009. Hasil dari analisa data proses pengembangan perangkat pembelajaran keterampilan menulis puisimelalui pendekatan kontektual model pedagogi genre menunjukkan keberhasilan, obsevasi keterlaksanaan pembelajaran dari ujicoba terbatas menuju ujicoba luas mengalami kenaikan sebesar I 0% menunjukkan bahwa perangkat yang digunakan praktis, hasil ketiga jenis tes dari kedua uji coba yang lakukan, mengalami kenaikan untuk tes lisan 0,43%, tes tulis 2,07%, dan tes perbuatan 0,9% hal ini menunjukkan bahwa perangkat yang digunakan efektif . Rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran mengalami kenaikan sebesar 3%. Ini menunjukkan perangkat yang digunakan praktis. Hasil validasi dari validatorpun juga naik yaitu RPP 4%, LKS 5% dan alat penilaian 2% yang menunjukkan bahwa perangkat yang digunakan valid. Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran keterampilan menulis puisi melaluimodel pedagogi genrevalid, praktis dan efektif untuk digunakan dan diterapkan khususnya untuk siswa kelas 4 Sekolah Dasar.