Pelaksanaan Perjanjian Antara PT. Askes (Persero) Cabang Kota Waringin Timur Dengan Rumah Sakit Umum Daerah Sukamara (Studi Tentang Pelayanan Kesebatan Bagi PNS di RSUD Sukamara)
Main Author: | Diana, Ana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/882/1/41288.pdf http://repository.ut.ac.id/882/ |
Daftar Isi:
- Kesehatan adalah hak fundamental setiap warga, oleh karena itu, keJuarga dan masyarakat berhak memperoleh perlindungan terhadap kesehatannya, dan negara bertanggung jawab mengatur agar terpenuhi hak hidup sehat bagi penduduknya, termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), pensiunan PNS beserta anggota keluarganya Pemerintah Indonesia dalam rangka memajukan kesehatan masyarakat terutama kesejahteraan di bidang kesehatan mempunyai suatu program yang disebut Asuransi Kesehatan (ASKES). Pemerintah menunjuk PT.Askes (Persero) sebagai penyelenggara. Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada Pegawai Negeri Sipil, PT. Askes (Persero) membuat Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan rumah sakit-rumah sakit di Indonesia, baik milik pemerintah maupun swasta.. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang pelayanan Perjanjian PT. Askes (Persero) dengan Rurnah Sakit Umum Daerah Sukamara dan kendala yang dihadapi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Penelitian ini memfokuskan Pelaksanaan Perjanjian Kerjasama Tentang Pelayanan Kesehatan Bagi PNS Antara PT. Askes (Persero) Cabang Kotawaringin Timur dengan Rumah Sakit Umum Daerah pada Rumah Sakit Umurn Daerah Sukamara yang mengemban tugas sebagai pemberi pelayanan kesehatan. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat ditemukan: (1) banyak yang masih belurn memahami isi dari Perjanjian Kerjasama dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta Askes; (2) Peserta skes dapat menuntut pemberi pelayanan kesehatan dalam hal peserta askes tidak mendapat haknya sesuai ketentuan; (3) Kendala yang dihadapi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta askes adalah kurangnya pemahaman dan informasi yang dimiliki peserta, sikap dari pegawai yang membedakan pasien dari peserta askes maupun pagien pada umumny~ upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala adalah penerbitan buku saku, PT. Askes (Persero) melakukan pendekatan dengan RSUD.