Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Main Author: Karyati, Iis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8794/1/43778.pdf
http://repository.ut.ac.id/8794/
http://repository.ut.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas 6 pada pembelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar matematika siswa terlihat dari nilai yang diperoleh siswa masih di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini yaitu a. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terbadap hasil belajar siswa kelas VI sekolah dasar; b. Untuk mengetahui motivasi belajar terhadap basil belajar matematika siswa kelas VI sekolah dasar; c. Untuk mengetahui keterkaitan antara model pembelajaran Make A Match dengan motivasi belajar terhadap basil belajar matematika siswa kelas VI sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VI SDN 210 Babakan Sinyar Kota Bandung, dengan sampel Kelas VI Adan VIC SDN 210 Babakan Sinyar. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal dan angket. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan motivasi belajar dan kelas kontrol diberi pembelajaran biasa. Data hasil penelitian berupa nilai pretes dan postes siswa yang diberikan pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Hasil data pretes dan postes dianalisis menggunakan uji normalitas kemudian dilakukan uji persamaan dua rata-rata nonparametrik mann-whitney, serta uji Korelasi Rank Spearman. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 0,5% yaitu: (I) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI sekolah dasar; (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI sekolah dasar; (3) tidak ada keterkaitan antara model pembelajaran make a match dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.